Profil

Depan
Fakultas
Pascasarjana
UPT. Komputer
Perpustakaan
Pusat Layanan Jaringan
Lembaga Penelitian
LPM

Depan arrow Fakultas arrow Pertanian
FAKULTAS PERTANIAN

  

Program Studi yang ditawarkan

REGULER
S1    AGRIBISNIS
S1    AGROEKOTEKNOLOGI
S1    KEHUTANAN
D3    AGROBISNIS
         
NON REGULER         
S1    AGRIBISNIS
S1    AGROEKOTEKNOLOGI

 VISI, MISI dan TUJUAN

PROGRAM STUDI AGRONOMI
VISI

Pada tahun 2015 menjadi pusat unggulan (centre of excellence) pendidikan sumberdaya manusia di bidang ilmu dan penerapan budidaya tanaman (agronomi) yang berkelanjutan, dan mampu berkompetisi dengan program studi sejenis terkemuka di Indonesia.

MISI

1.

Melaksanakan pendidikan tinggi ilmu dan teknologi budidaya tanaman yang berdaya saing lokal, regional dan nasional.

2.

Melaksanakan penelitian budidaya tanaman yang berkualitas dan berwawasan lingkungan dengan memanfaatkan potensi sumberdaya alam lokal yang dimiliki dalam rangka mendukung Pertanian berkelanjutan.

3.

Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (petani) dalam penerapan budidaya tanaman.

4.

Melaksanakan kerjasama dengan stakeholders dalam pengembangan sumberdaya yang terkait dengan ilmu dan teknologi budidaya tanaman.

TUJUAN

1.

Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu dan teknologi budidaya tanaman, mampu bersaing dalam pasar kerja, mandiri dan mampu berwirausaha.

2.

Menghasilkan karya karya ilmiah bermutu, berbasiskan keunggulan lokal terlestarikan, yang dapat memperkaya dan mengembangkan kasanah ilmu dan teknologi budidaya tanaman.

3.

Meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (masyarakat petani) dalam rangka peningkatan kuantitas dan kualitas produksi tanaman yang memiliki daya saing nasional dalam pasar global.

4.

Terjalinnya kerjasama saling menguntungkan dengan stakeholders dalam perekrutan sumberdaya manusia, penggunaan fasilitas, dan pengembangan ilmu dan teknologi budidaya tanaman.

KOMPETENSI LULUSAN : Cerdas dalam mengelola, menganalisis dan mengomunisasikan ilmu dan teknologi budidaya tanaman serta kreatif dan inovatif dalam pengembangan ilmu dan teknologi budidaya tanaman.

PROGRAM STUDI ILMU TANAH
VISI
Pada tahun 2010 menjadi program studi yang terkemuka, berkualitas dan sejajar dengan program program studi terkemuka di Indonesia, memainkan peranan utama dalam pembangunan daerah Propinsi Jambi dan Nasional di bidang pendidikan, penelitian dan penerapan ilmu dan teknologi dalam pengembangan dan pembangunan Pertanian serta sumberdaya alam terkait.

MISI

1.

Menyelenggarakan pendidikan ilmu Tanah dan sumberdaya lahan khususnya dan ilmu ilmu Pertanian umumnya.

2.

Menyelenggarakan penelitian ilmu Tanah dan sumberdaya lahan untuk kepentingan pengembangan ilmu pengetahuan dan proses belajar mengajar (akademik), serta untuk kepentingan praktis pengembangan dan pembangunan Pertanian

3.

Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat tentang ilmu Tanah dan sumberdaya lahan khususnya dalam ilmu Pertanian umumnya untuk membanguanhubungan yang sinergi antara Fakultas Pertanian Universitas Jambi dengan masyarakat, sehingga terjadi pernaikan pengembangan dan pembangunan Pertanian.

TUJUAN

1.

Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan, ketrampilan dan kehandalan di bidang ilmu Tanah dan sumberdaya lahan serta berjiwa wiraswasta.

2.

Mengembangkan ilmu dan teknologi di bidang Tanah dan sumberdaya lahan.

3.

Menghasilkan pemikiran pemikiran dalam menentukan arah kebijakan pengembangan dan pembangunan Pertanian yang berkelanjutan dalam rangka pelaksanaan otonomi daerah.

4.

Mengoptimalkan daya guna lahan sekaligus menjaga kelestarian Tanah, air, flors dan fauna serta berkelanjutan dengan penekanan pada pengolahan lahan basah dan lahan kering marginal.

KOMPETENSI LULUSAN : Berfikir cerdas, bertindak kreatif, jujur dan percaya diri dalam mengelola, menganalisis, mengembangkan dan mengomunikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi sumberdaya Tanah dan/atau sumber daya tanah dan/atau Sumberdaya lahan, air, dan hutan (flora dan fauna)

PROGRAM STUDI SOSIAL EKONOMI PERTANIAN/AGRIBISNIS
VISI

Pada tahun 2015 menjadi salah satu pusat pembelajaran yang unggul dan kompeten dalam pengembangan ilmu pengetahuanbidang ekonomi pertanian dan penerapannya di bidang agrobisnis yang kearifan lingkungan untuk mewujudkan lulusan yang dapat bersaing, mandiri dan memiliki semangat kewirausahaan.

MISI

1.

Memberikan wawasan dan sikap yang objektif, terbuka, kritis serta berpandangan ke depan dengan menguasai ilmu pengetahuan bidang ekonomi pertanian dan agrobisnis

2.

Menciptakan suasana akademik yang menjamin tercapainya proses belajar mengajar yang interaktif.

3.

Menghasilkan lulusan yang mandiri dan mampu mengembangkan ilmu dalam bidang ekonomi pertanian dan agrobisnis, berkearifan lingkungan serta berjiwa wirausaha.

4.

Mengembangkan penelitian bidang ekonomi pertanian dan agrobisnis yang memiliki kontribusi nyata terhadap masyarakat, pembangunan daerah dan nasional.

TUJUAN

1.

Terciptanya atmosfir akademik yang kondusif.

2.

Mengembangkan ilmu dan teknologi di bidang Tanah dan sumberdaya lahan.

3.

Menghasilkan lulusan yang berwawasan luas, tangguh dan profesional dalam menganalisis bidang ekonomi pertanian dan agrobisnis, serta berkearifan lingkungan.

4.

Berperan aktif dalam pengembangan ekonomi masyarakat pertanian dalam menunjang pembangunan daerah dan nasional.

KOMPETENSI LULUSAN : Cerdas dalam mengelola, menganalisis, mengembangkan dan mengkosumsikan ilmu pengetahuan bidang ekonomi pertanian dan menerapkannya di bidang agrobisnis serta memiliki kepribadian dan spritual yang matang.

PROGRAM STUDI PENYULUHAN DAN KOMUNIKASI PERTANIAN
VISI
Pada tahun 2015 menjadi program studi terkemuka yang berorientasi pada pemberdayaan dan pengembangan masyarakat sipil (madani) untuk pembangunan pertanian dan pedesaan berkelanjutan secara nasional.

MISI

1.

Menyelenggrakan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dengan pendekatan interaktif yang melibatkan segenap sivitas akademika dan masyarakat.

2.

Mewujudkan masyarakat berkedaulatan, komunikatif, adatif terhadap lingkungan dan berswadaya tinggi serta menghormati berbagai perbedaan pandangan, suku, ras, agama dan gender dalam rangka pengembangan pertanian dan pedesaan

TUJUAN

1.

Menghasilakn lulusan yang mandiri dan mampu menerapkan dan mengembangkan ilmu dalm bidang komunikasi dan pengembangan masyarakat pertanian yang inovatif dan berjiwa wirausaha

2.

Berperan aktif dalam pembangunan pedesaan melalui pendekatan sumberdaya manusia dan komunitas menuju kesejahteraan masyarakat.

KOMPETENSI LULUSAN : Kemampuan penguasan teori, kemampuan analitis dan sintetis atas potensi sumberdaya, permasalahan dan pengembangan perilaku sumberdaya manusia dan komunitas, menuju kesejahteraan dan lingkungan yang berkelanjutan.

PROGRAM STUDI ILMU HAMA DAN PENYAKIT TUMBUHAN
VISI

Pada tahun 2020 menjadi pusat unggula (centre of excellence) pendidikan perlindungan tanaman dan dapat sejajar dengan program-program studi sejenis terkemuka di indonesia, dapat memainkan peran utama dalam pembangunan perlindungan tanaman di Propinsi Jambi serta lulusannya mampu bersaing dalam pasaran kerja secara nasional dan internasional.

MISI

1.

Menyelenggarakan pendidikan di bidang perlindungan tanaman yang berkualitas dalam rangka menghasilkan tenaga ahli dan terampil di bidang perlindungan tanaman dan dapat mendukung pelaksanaan pembangunan pertanian berkelanjutan (sustainable agriculture development).

2.

Menyelenggrakan penelitian dalam rangka pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi perlindungan tanaman.

3.

Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka penerapan dan penyebarluasan informasi dan teknologi perlindungan tanaman.

TUJUAN

1.

Menghasilkan lulusan sarjana pertanian, yang : Memiliki integritas dan berkepribadian baik, Dapat menganalisis permasalahan pengganggu tumbuhan (hama, penyebab penyakit dan gulma). Menguasai teknologi perlindungan tanaman. Dapat menyerap dan menyebarkan informasi perlindungan tanaman.

2.

Mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi perlindungan tanaman.

3.

Memberikan arahan / masukan dalam penyusunan kebijakan pemerintah di bidang perlindungan tanaman.

KOMPETENSI LULUSAN : Cerdas dalam menganalisis permasalahan pengganggu tumbuhan (hama, penyebab penyakit dan gulma), cerdas dalam menggunakan teknologi perlindungan tanaman, dan cerdas dalam menyerap dan menyebarluaskan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi perlindungan tanaman.

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN
VISI

Pada tahun 2015 menjadi pusat unggulan (centre of excellence) dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang teknologi hasil pertanian.

MISI

1.

Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dalam rangka mendidik dan membangun bangsa.

2.

Meningkatkan kualitas penelitian yang mendukung pendidikan dan kemajuan teknologi.

3.

Meningkatakan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

4.

Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga dalam dan luar negeri untuk meningkatakan Tri harama Perguruan Tinggi.

TUJUAN

1.

Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknologi hasil pertanian.

2.

Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan menerapkan teknologi di bidang pengolahan hasil pertanian dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.

3.

Mampu berwirausaha dan membentuk/mengusahakan industri pengolahan hasil pertanian (agroindustri) baik kecil maupun menengah.

4.

Terjalinnya kerjasama dengan lembaga lembaga terkait di dalam maupun di luar negeri.

KOMPETENSI LULUSAN : Cerdas dalam menangani, mengolah dan mengembangkan agroindustri, cerdas dalam mengomunikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi hasil pertanian serta memiliki kepribadian yang matang.

PROGRAM DIPLOMA III AGROBISNIS
VISI

Program Studi Agrobisnis Profesional jenjang Diploma III dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, menghasilkan lulusan diploma yang bermoral, berwawasan luas dan mandiri, dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan menajemen, dibidang Agrobisnis pertanian dalam rangka memajukan budaya bangsa.

MISI

1.

Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dalam rangka mendidik dan membangun bangsa.

2.

Meningkatkan kualitas penelitian yang mendukung pendidikan dan kemajuan teknologi.

3.

Meningkatakan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

4.

Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga dalam dan luar negeri untuk meningkatakan Tri harama Perguruan Tinggi.

TUJUAN

Menghasilkan lulusan yang menguasai kemampuan dalam bidang kerjasama secara mandiri, mampu melakukan pengawasan dan bimbingan serta mempunyai keterampilan manajerial di bidang Agrobisnis Pertanian.