SEMINAR NASIONAL DAN KULIAH TAMU TENTANG KEENERGIAN

semnasden2013Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi bekerjasama dengan Dewan Energi Nasional (DEN) menyelenggarakan Seminar Nasional dan Kuliah Tamu dengan tema Tatakelola Energi dan Pencarian Energi Alternatif. Kegiatan ini dilangsungkan selama dua hari yaitu 16 dan 17 April 2013. Kegiatan Kuliah tamu dilaksanakan di Ruang Rapat Senat Kampus Universitas Jambi, Mendalo Darat Jambi dengan pembicara kunci Prof. Ir. H. Mukhtasor, M.Eng, Ph.D dengan tema Peran Perguruan Tinggi dalam menggali energi alternatif.

Kuliah tamu di buka oleh Rektor Universitas Jambi, Prof. Drs. H. Aulia Tasman, M.Sc., Ph.D dan dimoderatori oleh Dr. Ir. Suparjo yang juga Wakil Dekan I Fakultas Sains dan Teknologi.

Diskursus menarik ini dihadiri oleh para pimpinan Universitas Jambi dan mahasiswa Prodi Kimia, D3 Kimia Industri dan Analis Kimia Fakultas Sains dan Teknologi serta mahasiswa dari Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknologi Pertanian. Isu yang menghangat telah dipaparkan secara terperinci oleh pembicara tentang peran, peluang, tantangan dan potensi daerah dalam mencari, menggali energi alternatif terbarukan yang tentunya merupakan sebuah tantangan bagi program studi-program studi yang ada di FST khususnya dan Universitas Jambi pada umumnya.

Kegiatan ini merupakan forum ilmiah dalam konteks menambah wawasan sivitas akademika untuk memacu perkembangan daerah Jambi. Untuk itu, Rektor UNJA sangat antusias dalam diskusi tersebut yang memang terkait dengan program-program yang telah diusulkan kepada pemberi donor.

Selanjutnya, pada 17 April 2013, bertempat di Hotel Abadi Suite Jambi, diselenggarakan Seminar Nasional dengan tema 'Strateg Kebijakan Energi Indonesia Menuju Tahun 2050' yang membahas keenergiaan yang merujuk pada Undang-Undang Nomor 30  Tahun 2007 tentang Energi. Pada sesi pertama dengan pembicara kunci Sekertaris Jendral Dewan Energi Nasional (DEN), dan para anggota DEN yakni Prof. Ir. Herman Darnel Ibrahim, M.Sc., Prof. Ir. H. Mukhtasor, M.Eng., Ph.D., Dr. Ir. Tumiran, M.Eng., Prof. Ir. Rinaldi Dalimi, M.Sc., Ph.D., Prof. Dr. Herman Agustian. Pada sesi kedua diisi oleh pembicara kunci Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D, Dinas ESDM Provinsi Jambi dan team dari DEN yang mengungkap isu-isu tentang energi yang ada di provinsi Jambi. Sesi tersebut dimoderatori oleh Dr. Drh. Sriwigati, M.AgrSc.

Acara tersebut dihadiri kurang lebih 400 peserta yang terdiri dari para pemangku kebijakan yang ada di Provinsi Jambi, para pimpinan perguruan tinggi baik negeri dan swasta, dosen dan mahasiswa. Sambutan para peserta cukup antusias dalam mengikuti acara tersebut dan tentunya dapat memberikan rekomendasi tentang tatakelola keenergian di Provinsi Jambi yang salah satunya adalah pembentukan kelompok penelitian/pusat kajian energi di Universitas Jambi. Pada saat yang sama anggota DEN yang didampingi akademisi dari Universitas Jambi melakukan dialog langsung di TVRI.

K O M E N T A R A N D A

0 / 300 Character restriction
Your text should be in between 10-300 characters
terms and condition.

People in this conversation

  • rudi

    Fak. sains dan teknologi UNJA keren...........;)

Joomla templates by a4joomla